• (022) 251 6778
  • info@cls.sch.id
  • Jl. Ligar Taqwa No. 2 Komp. Bukit Ligar, Bandung
  • Article

    Alam Sahabat Kita

    Alam Sahabat Kita

    Yuk Ajak Anak Mengenal Alam!

    Dunia anak adalah dunia mereka bermain, bersosialisasi, dan mengeksplorasi lingkungan sekitar anak. Dunia tersebut dapat mendorong anak untuk mengetahui apakah anak mempunyai minat atau bakat terhadap lingkungan hidup. Hal tersebut menjelaskan salah satu konsep Multiple Intelligence yang dikemukakan oleh Howard Earl Gardner Ph.D seorang psikolog dari Amerika Serikat.Ps

    Konsep Multiple Intelligence yang dimaksud adalah Naturalist Intelligence atau kecerdasan naturalis. Pengertian dari kecerdasan naturalis itu sendiri adalah kepekaan terhadap alam sekitar, berupa kemampuan mengenal dan mengklasifikasikan tumbuhan, mineral, dan hewan. Nah, ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan naturalis adalah anak yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan yang membuat anak lebih mengenal lingkungan dan membuat mereka mengeksplorasi berbagai macam kegiatan dan melatih mereka lebih berani untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dialam terbuka, diantaranya

    1. Anak menikmati kegiatan di alam bebas. Kegiatan yang dilakukan misalnya seperti; kegiatan mengenal binatang, bunga, daun, pohon, ataupun batu. Anak memiliki minat dan rasa ingin tahu untuk menyelidiki lebih lanjut mengenai suatu hal yang mereka temukan di alam bebas/terbuka.
    2. Anak memiliki kegemaran menyimpan dalam otaknya tentang apa yang mereka temukan di alam bebas/ terbuka. Anak senang dalam mengamati berbagai fenomena yang terjadi di alam. Misalnya; pada saat hujan, siklus penampakan bulan, bintang, matahari dan wan.
    3. Anak memiliki minat yang kuat dalam belajar sesuatu dari alam yang mereka temui.

     

    Selain itu, banyak manfaat yang bisa anak-anak petik dari kesukaannya terhadap alam, diantaranya:

    1. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak dalam segala segi-intelektual, emosional, sosial, spiritual, dan fisik.
    2. Meningkatkan imajinasi, kreativitas, dan kemampuan problem solving.
    3. Meningkatkan kemampuan anak untuk fokus dan meningkatkan kemampuan kognitif.
    4. Meningkatkan kemampuan akademik.
    5. Meningkatkan kesehatan mental. Kegiatan outdoor sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Pertanyaan itu disampaikan oleh dr. Garrett Burris, seorang ahli saraf pediatric di Australia. Garrett meminta para orang tua untuk lebih sering mengajak anak melakukan kegiatan outdoor, khususnya bila mereka mempunyai anak ADHD, susah berkonsentrasi dan hiperaktif melalui kegiatan outdoor yang menyenangkan, anak ADHD belajar untuk mengontrol emosi dan konsentrasi mereka.
    6. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan menumbuhkan rasa percaya diri.
    7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Sumber:www.naturalearning.org-Benefit of Connecting Children with Nature

    Adapun kegiatan bermain di alam terbuka yang dilakukan oleh anak-anak Preschool di Cendekia Leadership School adalah kegiatan outing yang dilakukan satu bulan sekali, kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh anak-anak Preschool, dimana kegiatan ini dilakukan bersama-sama di level Preschool dari Toddler, PA, dan PB mereka semua bermain bersama dan saling menjaga satu sama lain. Anak- anak melakukan kegiatan yang menyenangkan terutama kegiatan yang melatih motorik dan keseimbangan badan; berlari, melompat, bermain kejar-kejaran, dan perosotan. Pada saat bermain dan melakukan kegiatan mereka akan lebih waspada ketika salah satu dari mereka takut melakukan kegiatan karena berbahaya dan belum pernah melakukannya guru membimbing dan memotivasinya untuk melakukan kegiatan tersebut sehingga anak tersebut mau mencoba dan akan lebih percaya diri melakukan kegiatan yang lebih menantang.

    Bagi anak yang rasa ingin tahu tentang pohon dan daun, mereka akan banyak bertanya dengan pertanyaan sederhana, seperti bertanya “pohon apa itu?”, “kenapa pohonnya besar?”, “kenapa pohonnya berlubang?” dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari mereka. Selain itu anak-anak suka mengumpulkan banyak sekali daun-daun dari yang ukuran kecil sampai besar, mereka mengelompokkan daun yang berukuran kecil dan daun yang berukuran besar, pertanyaan juga muncul dari anak-anak tentang daun-daun tersebut. Rasa ingin tahu dari anak-anak bisa berkembang ketika mereka menemukan sesuatu yang mereka belum ketahui. Setelah melakukan kegiatan, anak-anak beristirahat sambil  makanan ringan bersama-sama, mereka juga belajar untuk berbagi snack dengan teman yang tidak membawa bekalnya.

    Preschool

    Kegiatan yang dilakukan oleh Preschool di alam terbuka akan menjadikan anak lebih berani, lebih kuat, lebih mencintai, dan menjaga alam ini, dimana kegiatan ini menunjang untuk lebih menstimulasi aspek perkembangan yang ada pada tumbuh kembang anak, sehingga kegiatan yang dilakukan di alam terbuka membuat anak-anak lebih mengasyikan dibanding mereka bermain dengan gawai (gadget) sambil duduk. Dengan banyak bergerak dan bersosialisasi bersama teman-teman di luar sekolah, ini akan melatih anak-anak untuk berkomunikasi dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Kegiatan Outing ataupun hiking lebih terjangkau oleh semua kalangan dan bermanfaat dalam membangun kedekatan antara orang tua dan anak.

    Mulai sekarang ayo ajak buah hati untuk mengenal alam lebih dekat agar mereka mencintai dan mempelajari karunia Allah SWT .

     

    Eliza Agustine

    Guru Toddler

    Tags

    Leave a comment