• (022) 251 6778
  • [email protected]
  • Jl. Ligar Taqwa No. 2 Komp. Bukit Ligar, Bandung
  • Article

    LIMA Kiat Mempersiapkan Anak-anak di Hari Pertama Sekolah

    LIMA Kiat Mempersiapkan Anak-anak di Hari Pertama Sekolah

    Waktunya masuk sekolah lagi nih, moms! pasti mulai pusing, “aduh, musti nyiapin apa ya?“ atau “anak-anak rewel nggak ya hari pertama sekolah nanti?” dan berbagai kekhawatiran lainnya yang membuat hati dan pikiran nggak karuan. Betul kan, moms. Setelah menghabiskan waktu libur selama 1 bulan, sangat maklum jika anak-anak agak canggung bahkan ada yang malas ke sekolah. Hal tersebut juga cukup membuat khawatir para moms nih. Bagaimana ya kiat-kiatnya agar anak-anak bisa bersemangat dan percaya diri saat hari pertama masuk sekolah?

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orangtua saat membantu anak-anak untuk persiapan kembali ke sekolah dengan wajah baru dan semangat baru. Berikut tips untuk orangtua :

    • Menyiapkan perlengkapan sekolah.

    Nah, ini adalah salah satu kegiatan yang cukup nge-boosting mood anak-anak agar mereka semangat kembali ke sekolah. Ajaklah anak-anak  berunding dan sekaligus menemani mereka mempersiapkan perlengkapan sekolah, seperti tas, alat tulis, buku dll. Dukungan tersebut bisa dirasakan oleh anak-anak. Anak-anak akan merasakan dukungan secara tidak langsung bahwa orangtua juga menunjukkan semangat terhadap anaknya yang akan masuk ke kelas yang baru. Jadi, memiliki perlengkapan sekolah yang baru memang bagus , tapi momen bersama saat menyiapkan perlengkapan sekolah akan lebih seru, moms!

    • Diskusi santai dengan anak-anak.

    Bahasa gaulnya curhat, perlu loh ternyata curhat-curhat ini, bukan hanya orangtua dan remaja saja, anak-anak pun memiliki cerita yang  perlu didengarkan bahkan ditindaklanjuti. Sebagai orangtua, perlu membuat kebijakan terhadap hal-hal yang anak-anak pilih. Saat orangtua mengetahui tentang hal-hal yang tidak disukai oleh anak-anak di kelas sebelumnya, berikanlah jawaban yang bijak dan obyektif. Jika anak-anak tidak menyukai teman karena sifatnya, orangtua dapat memberikan  sugesti positif dan ajarkan anak-anak untuk selalu menghargai orang lain. Hal tersebut akan memunculkan sikap optimis dan percaya diri di hari pertama mereka masuk sekolah .

    • New me, New spirit!

    Ajaklah anak-anak untuk membuat daftar hal-hal yang ingin dan akan mereka capai di tahun ajaran yang baru. Orangtua pun membuat daftar tentang target anak-anak yang mereka inginkan. Setelah selesai membuat daftar, cocokkan kedua daftar target orangtua dan anak-anak lalu bahas yang memungkinkan mampu dicapai oleh anak-anak selama 1 tahun ke depan di kelasnya yang baru. Kegiatan bersama ini akan membiasakan anak-anak untuk belajar mengorganisasi banyak hal. Selain itu, mereka dapat membuat perencanaan tentang apa yang akan dilakukan dalam jangka panjang di masa depan. Kegiatan ini merupakan bentuk bonding antara orangtua dan anak so, Moms buatlah semenarik mungkin ya!

    • Buatkan sarapan sehat favoritnya.

    Ada slogan “ Utamakan Sarapan “ ternyata memang benar loh itu sangat berpengaruh terhadap mood dan aktivitas anak-anak di pagi hari. Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, mengatakan banyak karakter negatif jika anak tidak sarapan, seperti bermasalah dengan guru, tidak mentaati peraturan, mengambil sesuatu milik orang lain, daya konsentrasi menurun, dll. Indeks Massa Tubuh (IMT) mereka cenderung rendah. Anak akan cenderung gemuk, kesehatannya menurun, sehingga akan menghambat kualitas anak itu sendiri sebagai SDM bangsa. Membuatkan sarapan favorit anak-anak dan memenuhi kebutuhan tubuh mereka, akan men-stimulus semangat dan percaya diri saat masuk sekolah di hari pertama serta terhindar dari lemas dan sakit perut. Moms tidak mau kan anak-anak menjadi sakit bahkan sampai tidak bisa mengikuti kegiatan hari pertama di sekolah? Ingat selalu moms untuk sediakan anak-anak sarapan yang bergizi.

    • A Hug Please!

    Yes! Hug your son and daughter! Simpel sekali ya, hanya peluk saja tapi bisa meningkatkan mood anak-anak. Kenapa ya?

    Berpelukan merupakan salah satu aktivitas yang dapat mentransfer energi hangat dan nyaman. dr. Yusra Firdaus selaku Dokter Umum yang bertugas di Rumah Sakit Permata Bekasi menuturkan bahwa manfaat dari memberi pelukan kepada anak akan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya dan terhindar dari stress dan rasa cemas berlebihan. Memberikan pelukan sebelum anak-anak berangkat ke sekolah akan memberikan rasa aman, tenang dan energi positif dalam menghadapi hari pertamanya. Selain itu, memberikan pelukan kepada anak-anak adalah bentuk kasih sayang dan dukungan paling murni yang dapat orangtua lakukan dimanapun. Mudah, kan?

    Masih banyak cara lain dari setiap orangtua yang lebih menarik dan kreatif, yang terpenting adalah anak-anak bisa siap dan semangat menjalani hari-harinya, welcome back to school everyone!

     

    Titis Prahesti

    Elementary Teacher

    Tags

    1 comment

    • Ar
      / Reply

      5 hal praktis dan mudah dipraktikkan.. terimakasih tipsnya Bu Titis…

    Leave a comment