• (022) 251 6778
  • [email protected]
  • Jl. Ligar Taqwa No. 2 Komp. Bukit Ligar, Bandung
  • Article

    MAIN KOTOR-KOTORAN YUUKK !!

    MAIN KOTOR-KOTORAN YUUKK !!

    Apa sih yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita jika kita melihat tubuh anak-anak belepotan dengan pasir saat mereka sedang bermain di halaman?. Kita mungkin akan merasa khawatir dan menyuruh mereka untuk berhenti bermain karena kita sering menganggap bahwa bermain kotor-kotoran akan mengancam kesehatan mereka. Namun ternyata banyak sekali dampak  positif yang dapat dialami anak dengan bermain kotor-kotoran (messy play). Menurut Dr.  Richard John Roberts direktur riset New England Biolabs Massachusetts, AS, messy play justru dapat membangun sistem imun yang baik pada tubuh anak.

    Pada usia emas ini, (0-6 tahun) mereka sedang gemar-gemarnya melakukan eksplorasi terhadap benda-benda di sekitarnya. Melalui eksplorasi, anak dapat mengenal sifat benda, menyentuh, mengamati, membaui, merasakan teksturnya sehingga dapat menemukan pengalaman-pengalaman konkrit tentang hubungan sebab-akibat melalui interaksi dengan bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan.  Nah, pengalaman ini sangat penting untuk mengembangkan kemampuan sains mereka, untuk memfasilitasi hal tersebut maka keberadaan Sentra Bahan Alam sangat dibutuhkan oleh pendidikan anak usia dini. Sentra Bahan Alam biasa disebut juga dengan Sensory Center. Tujuan dari pembelajaran Sentra Bahan Alam adalah untuk memfasilitasi rasa ingin tahu anak terhadap benda-benda sekitar mereka dengan menyediakan alat dan bahan-bahan yang dapat merangsang sensorimotorik. Mengocok air sabun menggunakan alat pengocok sehingga menjadi busa, memindahkan air dengan spons ke dalam botol, menggunakan corong, menggunakan pipet plastik, berkreasi dengan playdough, membuat bubble soap sendiri adalah beberapa contoh dari berbagai macam kegiatan yang ada di Sentra Bahan Alam, kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kekuatan otot-otot pada kedua tangan (motorik halus) yang sangat diperlukan untuk memegang alat tulis (pensil) secara tripod.

    Dengan jenis kegiatan seperti di atas, memang beresiko membuat baju anak-anak menjadi kotor, namun demikian, hal tersebut dapat juga menjadi pembelajaran untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, patuh terhadap aturan bermain dan memahami konsekuensi dari setiap perbuatan yang mereka lakukan. Mereka akan belajar untuk lebih berhati-hati terhadap segala sikap mereka saat bermain di Sentra Bahan Alam sehingga dapat meminimalisasi resiko baju basah dan kotoran, terutama untuk anak Preschool B yang diharapkan dapat lebih mengontrol sikap dan gerakan mereka. Kita hanya harus memastikan bahwa mereka telah membersihkan anggota tubuh mereka dengan baik tentunya dengan menggunakan sabun.

    Begitu banyak manfaat dari kegiatan bermain di Sentra Bahan Alam, selain untuk memfasilitasi rasa ingin tahu mereka, Sentra Bahan Alam juga sangat penting untuk menguatkan motorik halus, mengasah kemampuan sains dan membangun rasa tanggung jawab anak- anak terhadap sikap dan cara bermain mereka di Sentra Bahan Alam. Jadi, mulai sekarang kita para pendidik dan orangtua jangan takut untuk melihat anak-anak kita bermain kotor-kotoran yaa. Sorry about the mess, but we are learning here !!

     

    If you never did, you SHOULD.

    These things are FUN,

    And FUN is good !

    -Dr. Seuss-

     

    Penulis : Edit R.K

    Tags

    2 comments

    • Ar
      / Reply

      Setujuuuu .. memberi kesempatan bereksplorasi sesungguhnya memberi kesempatan anak-anak belajar banyak hal,termasuk salah satu mengembangkan aspek leadership (pengambilan keputusan, daya juang, kemampuan beradaptasi,dll)

      Terimakasih Bu Edit..
      Suka membaca tulisannya..

    • Sastri
      / Reply

      Love it! selalu senang melihat ekspresi mereka yang begitu antusias dengan semua basah-basah dan melihat mereka memperhatikan kotoran yang menempel di tangannya…
      Buat para bunda, jangan sungkan ajak si kecil untuk terlibat di dapur juga ya..

      Terimakasih bu edit..

    Leave a comment