Program Inklusi

Program Inklusi

Setiap anak itu unik dan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan termasuk anak berkebutuhan khusus. Sebagai lembaga pendidikan inklusi dengan konsep menyiapkan sekolah untuk anak, Cendekia Leadership School menyediakan program individu yang biasa kita sebut IEP (Individual Education Program) untuk mendukung anak-anak berkebutuhan khusus.

Program tersebut bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan pengembangan diri (potensi), prestasi, perilaku serta mengembangkan kecakapan hidup sebagai bagian dari masyarakat.

Program inklusi terdiri dari :

  • Program layanan dengan guru pendamping khusus atau kita sebut SNA (Special Need Assistant)

Program yang menggunakan layanan SNA diberikan kepada siswa yang berkebutuhan khusus dengan kebutuhan pendampingan secara individual karena memiliki kesulitan belajar dan kebutuhan intervensi serta treatment khusus dalam setiap aktivitas belajar mengajar selama di sekolah.

  • Program layanan siswa yang mengalami kesulitan belajar oleh tim IEP

Program ini diberikan kepada siswa yang sedikit mengalami kesulitan belajar terutama dalam menguatkan kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung sebagai modal untuk dapat mengikuti kegiatan dan target kelas.

  • Program layanan konsultasi dengan psikolog

Program ini diberikan kepada seluruh guru dan orang tua yang membutuhkan untuk konsultasi terkait dengan perkembangan dan permasalahan siswa selama kegiatan belajar di sekolah.

  • Program Stimulasi gabungan

Program ini dilakukan dengan tujuan untuk menstimulasi aspek perkembangan motorik kasar dan motorik halus bagi siswa yang memiliki SNA dan siswa yang mengalami sedikit kesulitan belajar.

Pengembangan Kurikulum dilakukan dengan model duplikasi, modifikasi, substitusi atau omisi. Hal ini disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan dari peserta didik.