• (022) 251 6778
  • [email protected]
  • Jl. Ligar Taqwa No. 2 Komp. Bukit Ligar, Bandung
  • Article

    Terima Kasih Untuk Kita

    Terima Kasih Untuk Kita

    Beberapa dari kita mungkin mengenal tiga kata ajaib yang bisa mengubah dunia. Benar, mereka memang ajaib! Salah satu dari tiga kata ajaib itu adalah “Terima Kasih”. Sebuah kata sederhana yang memiliki makna dalam dan mampu mengubah hidup kita.

    Tentu kita pernah mengucapkan terima kasih. Tapi pernahkah kita menghitung seberapa sering kita mengucapkan terima kasih? Atau sudahkah Kita berterima kasih kepada orang lain pagi ini? Jika belum atau hanya beberapa kali, cobalah lebih sering mengatakannya mulai saat ini. Dijamin, kita akan menemukan keajaiban yang banyak orang perbincangkan.

    Berita ini memang sudah tidak asing bagi kita tetapi benarkah kita sudah melakukannya dengan optimal? Pernahkah kita berterima kasih kepada orang yang memasakkan makanan untuk kita? Mulai sekarang, lakukan selalu! Perhatikan, bagaimana tanggapan orang yang kita beri ucapan terima kasih.

    Berterima kasih kepada orang yang memberi kita hadiah, membantu pekerjaan kita, atau kepada orang yang berhasil membuat kesan mendalam terhadap kita mungkin sudah sangat biasa. Cobalah berterima kasih kepada orang yang membersihkan ruang kerja kita meskipun itu memang tugasnya. Berterimakasihlah kepada orang yang memberikan atau mengambilkan barang yang bahkan tidak kita perlukan. Berterimakasihlah kepada orang yang melakukan kebaikan untuk dirinya sendiri, bukan untuk kita.

    Tidakkah kalian temukan? Murid yang selalu mendapatkan ucapan terima kasih karena mereka membuang sampah ke tempat sampah akan merasa segan membuang sampah sembarangan. Suami yang selalu mendapatkan ucapan terima kasih karena ia mengantarkan istrinya ke tempat tujuan akan merasa dihargai dan lelahnya sedikit hilang. Kita bahkan perlu mencoba mengucapkan terima kasih yang tak biasa dan merasakan sendiri dampaknya.

    Terima kasih bukan hanya sebuah kata. Jika terima kasih diucapkan dengan tulus, dampak positif yang dirasakan akan bisa lebih baik, bahkan mengejutkan. Ucapkan dengan kata yang baik dan spesifik, nada yang lembut dan emosi yang tepat, gerakan tubuh yang diperlukan seperti kontak mata dan mengarahkan tubuh kita menghadap lawan bicara apalagi dengan menambahkan sentuhan jika pantas. Tunjukkan bahwa kita sangat bersyukur atas apa yang mereka lakukan, bahwa kita memahami pengorbanan mereka, bahwa kita merasa terharu dan tersentuh, bahwa kita peduli dan memberikan perhatian atas apa yang mereka lakukan.

    Majalah online CEOSTARS mengungkapkan penelitian yang dilakukan oleh Robert A. Emmons, pakar psikologi dari University of California yang dikenal sebagai “Pakar Terima Kasih”. Menurut Robert A. Emmons, banyak manfaat mengungkapkan terima kasih, bukan hanya secara emosional, tapi juga mental dan pikiran. Ucapan terima kasih juga dapat mengikat orang dalam hubungan timbal balik yang saling menyenangkan. Orang yang sering mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan terima kasih secara tulus akan berdampak terhadap kebahagiaan (otak menghasilkan hormon serotonin lebih banyak dan otot wajah menjadi rileks sehingga 25% lebih bahagia dan semangat dari orang biasa), kontrol emosi (otak memproduksi lebih banyak hormon endorphin sehingga 20% cenderung tidak mudah sakit hati), tidur berkualitas (otak mengeluarkan hormon melatonin sehingga tidur 10% lebih lama, nyenyak, bangun segar, dan awet muda), serta kesuksesan (otak mengeluarkan hormon dopamin).

    Tidak perlu waktu lama untuk mengucapkan terima kasih. Menimbang dari manfaatnya, kita tidak perlu ragu untuk mempraktikkannya, bukan? Jika kita sudah terbiasa, konsisten! Jika belum, berani coba sekarang?

     

    “Ketika Kita mengekspresikan ucapan terimakasih, Kita terfokus pada hal baik yang telah dilakukan untuk Kita. Hal ini membuat Kita berpikir positif dan membantu Kita untuk fokus pada jalan yang benar.” – Nathaniel Lambert

     

    Terimakasih,

    Ikhsan Khairu Rachman

    Tags

    5 comments

    • Ar
      / Reply

      Terimakasih pak Ikhsan.. tulisannya mengalir, enak, menginspirasi..

    • Ms. Gege
      / Reply

      Terima Kasih Pak Ikhsan

    • Romy
      / Reply

      sangat menginspirasi dan memotivasi untuk selalu mengucapkan terimakasih. Luar biasa, Pak Ikhsan

    • titis prahesti
      / Reply

      Love it! Terima kasih sudah menulis tentang terima kasih, sebarkan rasa terima kasih ke setiap sudut bumi ya pak!

    • Lutfi nur fadlillah
      / Reply

      Sukaa artikelnya p ichsan.. Kangen kerjasama lagi..

    Leave a comment