• (022) 251 6778
  • [email protected]
  • Jl. Ligar Taqwa No. 2 Komp. Bukit Ligar, Bandung
  • Article

    Tips Mengajarkan Matematika

    Pelajaran Matematika terkadang menjadi suatu hal yang sangat mengerikan bagi siswa, padahal Matematika merupakan ilmu dasar yang dapat membantu siswa dalam memahami banyak pelajaran lainnya di kemudian hari.  

    Matematika mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Contoh nyata dalam hal transaksi jual beli yang sering dilakukan oleh setiap orang, pasti menggunakan unsur-unsur berhitung yang ada dalam Matematika. Selain itu belajar Matematika juga, secara tidak langsung melatih seseorang untuk berpikir secara logis. Lebih jauh lagi Matematika juga sangat berperan penting dalam bidang teknologi dan Sains.

    Guru sebagai ujung tombak dalam keberhasilan pembelajaran Matematika mempunyai peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Guru harus mempunyai strategi yang pas dalam mengajarkan siswanya, sehingga apa yang diajarkan oleh guru dapat dimengerti dengan baik.

    Berikut beberapa cara untuk guru agar para siswa merasa nyaman dan senang ketika belajar Matematika,

    • Persiapkan perencanaan mengajar yang baik

    Sebagai seorang guru, wajib kiranya untuk membuat perencanaan yang matang sebelum mengajarkan suatu materi kepada siswa agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

    • Pahami suasana kelas

    Sebelum memulai proses pembelajaran, terlebih dahulu seorang guru harus memperhatikan suasana kelas, baik dari segi kebersihan maupun kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang mengganggu atau menghambat proses pembelajaran.

    • Gunakan permainan

    Agar siswa tidak bosan, libatkan mereka dalam permainan Matematika, misalnya, tebak-tebakan (logika matematika, kartu penebak angka, dsb), bermain dengan stick ice cream dan permainan lainnya yang dapat mengasah logika mereka dalam berpikir.

    • Gunakan media belajar yang bersifat konkret

    Benda-benda yang konkret yang berada di lingkungan sekitar dapat digunakan dalam menjelaskan materi agar siswa dapat melihat langsung apa yang dimaksud.

    • Aplikasikan cerita

    Ceritakanlah sebuah kisah nyata yang di dalamnya terdapat konsep Matematika. Dengan demikian secara tidak langsung siswa telah menerapkan sebuah konsep matematika dalam kehidupan nyata.

    • Terapkan diskusi

    Lakukanlah diskusi dalam pemecahan soal-soal yang belum dipahami siswa, baik diskusi antar teman maupun antar kelompok dengan bimbingan guru.

    Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum mengajarkan Matematika pada siswa. Semoga bermanfaat.

     

    Yoky Nurul Hidayah,

    Mathematics teacher at Cendekia Leadership School

    Tags

    Leave a comment